Edit byBintang88stars

Minggu, 02 Desember 2012

Pengertian Chord Dalam Musik

Hey sobat B88S terima kasih sudah datang saya akan shere tentang 'Pengertian Chord Dalam Musik'  nah langsung saja Jika sobat ingin belajar mendalami gitar, itu artinya sama dengan mempelajari musik juga bukan? Tentu, karena keduanya tergabung dalam 1 'paket'. Mempelajari gitar yang merupakan alat musik, tentu harus dibarengi dengan mempelajari segala berbau musik, salah satunya adalah chord. Apakah itu chord?

Coba sobat perhatikan orang-orang yang bermain gitar ketika mengiringi orang bernyanyi, pada umumnya mereka menggunakan lebih dari 1 jari untuk memainkan rangkaian chord/kunci di papan fret gitar. Tentunya setiap jari menekan nada yang berbeda. Nah, sudah dapatkah sobat menyimpulkannya?

Chord adalah kumpulan nada/not yang membentuk suatu rangkaian. Fungsi chord itu sendiri ialah untuk mengiringi suatu melodi, baik melodi dari permainan gitar ataupun melodi yang keluar dari mulut orang ketika bernyanyi.

Chord dasar yang banyak dipakai orang ketika memainkan gitar adalah chord mayor dan minor. Sama seperti Pola Tangga Nada Mayor dan Pola Tangga Nada Minor yang memiliki rumus interval, Chord juga memiliki rumus, yaitu rumus nada. Perhatikan rangkaian tangga nada C berikut ini.


C - D - E - F - G - A - B - C

Nah, jika kita ingin memainkan tangga nada C Mayor, kita harus memainkan nada ke 1, ke 3, dan ke 5. Artinya, rumus nada chord mayor adalah not ke 1, 3, dan 5. Begitupun pada tangga nada yang lainnya.


Lantas bagaimana dengan Chord Minor? Apa rumus nadanya? Perhatikan contoh tangga nada A minor dibawah ini.
A - B - C - D - E - F - G - A
Nah, untuk memainkan chord A minor, kita tinggal mengambil nada ke 1, 3, dan ke 5, sama seperti chord C mayor diatas. Sehingga terciptalah rangkaian nada A, C, dan E yang membentuk A Minor.
Nah, pahami materi diatas, lalu cobalah belajar mencari rangkaian chord lainnya selain C dan Am. Jika sobat mengalami kesulitan, dipersilahkan bertanya melalui kotak komentar dibawah ini.
http://signatures.mylivesignature.com/54490/363/EEB8F28B22DE4C7D93E048ADF59D16A3.png

Ditulis Oleh : Fanibintangstars ~ TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SOBAT B88S PADA ARTIKEL INI

Artikel Pengertian Chord Dalam Musik ini diposting oleh Fanibintangstars pada hari Minggu, 02 Desember 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

Add a Comment. Read Comment Policy ▼
Please Note
- No live link
- Pergunakan bahasa baku dan tanpa singkatan serta sesuai dengan topik pembahasan
- Komentar yang relevan akan saya balas dan kunjung balik secara otomatis (tanpa meminta)
- Tekan "subscribe by email" untuk mengetahui balasan dari saya
- Untuk mendapatkan BACKLINK, gunakan OpenID.

5 komentar:

  1. Bagus Sekali Penjelasannya, terima kasih. kami tungguinformasi menrik selanjutnya

    BalasHapus
  2. mantap gan infonya, kebetulan lagi belajar main musik. Soalnya kalau ikutan les musik suka mahal jadinya saya belajar otodidak dulu pake gitar yang saya punya.

    BalasHapus

Mohon Berkomentar dengan menggunakan Name/URL jangan menggunakan Anonymous karena blog ini defollow mohon kiranya berkomentar yang baik jangan sampai komentar anda terkena spam