Edit byBintang88stars

Kamis, 29 November 2012

Cara Membaca Tabulatur Gitar

Membaca tabulatur? Mm, saya yakin posting kali ini akan sangat menarik bagi anda yang kebetulan mencari informasi bagaimana Cara Membaca Tabulatur. Oke tidak usah berbasa-basi langsung disimak ya!

Dalam dunia gitar, tabulatur bukanlah hal mutlak yang wajib untuk diketahui dan dipelajari. Namun alangkah baiknya jika anda mempelajari bagaimana cara membaca tabulatur untuk memperdalam pemahaman anda tentang gitar. Tidak hanya itu, dengan kemampuan membaca tabulatur otomatis anda juga akan mampu untuk menuliskan permainan gitar anda dalam bentuk tabulatur.

Cara Membaca Tabulatur Pada Gitar


Tentunya kita semua tahu bahwa pada pada sebuah gitar terdapat dua komponen penting, yaitu senar dan fretboard. Nah, kedua komponen inilah yang kita jadikan acuan dalam membaca tabulatur nantinya. Lihat tabulatur kosong dibawah ini.

E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-

Pada tabulatur diatas, terdapat huruf E, A, D, G, B, E yang berarti senar dari gitar itu sendiri.

Nah, sekarang coba kita mulai belajar untuk menuliskan chord C dalam sebuah tabulatur seperti yang terlihat dibawah ini.

Tabulatur C (Pertama)
E—0———————————————————
B—1———————————————————
G—0———————————————————
D—2———————————————————
A—3———————————————————
E—0———————————————————

Cara membaca tabulatur diatas adalah dengan melihat nomor pada tabulatur. Jika ditulis nomor 1 pada senar B (senar 2) artinya kita menekan fret 1 pada senar 2. Jika pada tabulatur terlihat angka 3 pada senar A (senar 5) artinya kita harus menekan fret 3 pada senar 5. Dan jika tertulis angka 0, artnya kita biarkan saja senarnya dalam kondisi terbuka (open string).

Sampai disini, kita sudah dapat mengambil kesimpulan bahwa tabulatur memberi keterangan mengenai fret dan senar mana yang harus dimainkan. Sekarang coba perhatikan tabulatur dibawah ini.

Tabulatur C (Kedua)
E——————0——————————————
B—————1———————————————
G————0————————————————
D———2—————————————————
A——3——————————————————
E—0———————————————————

Coba perhatikan, penomoran fretnya sama dengan tabulatur C sebelumnya. Lantas apa yang membedakan tabulatur C yang pertama dengan yang kedua? Yang membedakan adalah cara memainkannya. Perhatikan tabulatur C yang pertama, nomor fret dituliskan sejajar semuanya, yang artinya cara memainkannya adalah senar dipetik secara serempak. Sedangkan tabulatur C yang kedua adalah dengan senar dipetik dari atas ke bawah dengan teknik 'menyapu' (sweeping), namun tetap bunyi bersamaan.

Tabulatur C (Ketiga)
E——0——————————————————
B———1—————————————————
G————0————————————————
D—————2———————————————
A——————3——————————————
E———————0—————————————


Perhatikan, sekarang apa yang membedakan tabulatur kedua dan ketiga? Yang membedakan hanyalah arah memetiknya saja. Kalau pada tabulatur C kedua kita memetik dari senar 6 ke senar 1, sedangkan pada tabulatur C ketiga justru sebaliknya, yaitu dari senar 1 ke senar 6.

Dalam membaca tabulatur, sebaiknya anda harus sudah mendengarkan lagu tersebut sebelum membaca tabulaturnya, karena tabulatur tidak memberitahu panjang pendeknya nada serta temponya secara pasti. Disinilah perbedaan tabulatur dan notasi standar.

Mungkin anda akan sedikit kecewa, namun tunggu dulu! Tabulatur memang tidak bisa memberi tahu nilai not secara pasti, namun setidaknya dapat mengindikasikan seberapa panjang suatu not dibunyikan berdasarkan jarak antar nomor fret yang ditunjukkan pada tabulatur itu sendiri. Contohnya seperti pada tabulatur lagu 'Indonesia Raya' berikut ini.

E—————————12———12—10—10—8———————————————————————
B———5—6—8——————————————————8——8—8—10—8—6—5—7————
G———————————————————————————————————————————————
D———————————————————————————————————————————————
A———————————————————————————————————————————————
E———————————————————————————————————————————————

Perhatikan bahwa ada beberapa nomor fret yang saya beri jarak sedikit lebih panjang. Itu mengindikasikan bahwa not tersebut dimainkan lebih panjang. Namun karena tidak dapat memberitahu pasti panjang pendeknya nada, alangkah baiknya jika kita sudah mendengarkan terlebih dahulu lagunya.

Sebenarnya masih ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam membaca tabulatur, namun barangkali itu dulu yang dapat saya sampaikan mengenai cara membaca tabulatur. Silahkan anda pahami materi diatas. Saya akan bahas lebih dalam lagi pada posting selanjutnya. Selamat belajar!

Ditulis Oleh : Fanibintangstars ~ TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SOBAT B88S PADA ARTIKEL INI

Artikel Cara Membaca Tabulatur Gitar ini diposting oleh Fanibintangstars pada hari Kamis, 29 November 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

Add a Comment. Read Comment Policy ▼
Please Note
- No live link
- Pergunakan bahasa baku dan tanpa singkatan serta sesuai dengan topik pembahasan
- Komentar yang relevan akan saya balas dan kunjung balik secara otomatis (tanpa meminta)
- Tekan "subscribe by email" untuk mengetahui balasan dari saya
- Untuk mendapatkan BACKLINK, gunakan OpenID.

1 komentar:

  1. Mari Bergabunglah Bersama MandiriQQ, menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 7 PERMAINAN ( NEW GAME : BANDAR SAKONG!!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik dari MandiriQQ..!!
    - Bonus TurnOver 0.5% tiap Minggunya
    - Bonus Referral 20% Dibagikan Setiap Minggunya.
    - Minimal Deposit hanya 20 Ribu
    - Minimal Withdraw hanya 50 Ribu
    Untuk info lebih lanjut Silahkan hubungi Cs MandiriQQ
    PIN BBM : 2BE2B4BA
    Line : mandiri_qq
    yahoo : mandiriqq@yahoo.com
    Link : www.menangmandiri.com

    BalasHapus

Mohon Berkomentar dengan menggunakan Name/URL jangan menggunakan Anonymous karena blog ini defollow mohon kiranya berkomentar yang baik jangan sampai komentar anda terkena spam