Edit byBintang88stars

Rabu, 21 November 2012

Teknik Senam Jari Gitar

mungkin sudah 2 hari yah saya tidak posting kerana ada kesibukan tapi saya kasih nih Teknik sena jari gitar semoga saja kalian suka.
Dalam bermain gitar, kita dituntut untuk memiliki otot-otot jari yang kuat untuk menekan setiap fret yang ada pada gitar. Jika sobat masih pertama kali memakai gitar, pastinya jari-jarinya belum terbiasa untuk menekan fret gitar, apalagi memainkan chord secara bergantian. Oleh karena itulah, kita perlu melakukan 'terapi' senam jari dalam mempelajari gitar.

Sebelum melakukan teknik senam jari, hendaknya Anda melakukan pemanasan/stretching pada tanggan anda khususnya.

Kemudian pelajari juga cara memetik gitar yang benar, caranya: taruh tangan Anda pada bagian tremolo (ujung pangkal senar pada body gitar) usahakan bisa memetik mulai dari senar ke 1 sampai senar ke 6 tanpa menggeser posisi tangan Anda tadi.
Lalu, coba Anda melatih memetik gitar dengan menggunakan pick secara down up (turun naik) pada senar 1 sampai senar 6 dengan tempo yang stabil.
Berikut salah satu tehnik senam jari:

Bagian pertama:

E|————————————————————–1–2–3–4–

B|————————————————–1–2–3–4————–

G|————————————–1–2–3–4————————–

D|————————–1–2–3–4————————————–

A|————–1–2–3–4————————————————–

E|–1–2–3–4————————————————————–

Keterangan :

· Senar dipetik turun dulu, baru naik, begitu seterusnya (nomor yang ganjil turun, yang genap naek)

Bagian kedua:

E|–4–3–2–1————————————————————–

B|————–4–3–2–1————————————————–

G|————————–4–3–2–1————————————–

D|————————————–4–3–2–1————————–

A|————————————————–4–3–2–1————–

E|————————————————————–4–3–2–1–

Keterangan :

Senar dipetik naek dulu, baru turun, begitu seterusnya (nomor yang ganjil naek, yang genap turun. Lakukan latihan ini menggunakan pick gitar agar dapat melatih tangan kanan dalam melakukan teknik picking yang akan dibahas lebih dalam di pembahasan berikutnya.

Lakukan kedua bagian di atas secara berurutan, maksudnya bagian kedua adalah sambungan bagian pertama, jadi sebenarnya bagian pertama dan kedua tidak terpisah, setelah pertama lalu langsung kedua.
Lakukan dengan tempo perlahan kemudian tambah kecepatan temponya secara bertahap. Hendaknya senam jari dilakukan minimal selama 30 menit sehari selama seminggu, untuk melatih otot jari agar benar-benar terbiasa dalam menekan fret gitar.

Ditulis Oleh : Fanibintangstars ~ TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SOBAT B88S PADA ARTIKEL INI

Artikel Teknik Senam Jari Gitar ini diposting oleh Fanibintangstars pada hari Rabu, 21 November 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

Add a Comment. Read Comment Policy ▼
Please Note
- No live link
- Pergunakan bahasa baku dan tanpa singkatan serta sesuai dengan topik pembahasan
- Komentar yang relevan akan saya balas dan kunjung balik secara otomatis (tanpa meminta)
- Tekan "subscribe by email" untuk mengetahui balasan dari saya
- Untuk mendapatkan BACKLINK, gunakan OpenID.

2 komentar:

  1. Salam kenal....mohon izinkan saya berbagi link untuk yg ingin memperdalam gitar dlm berbagai tehnik secara lengkap dan mengunduh materi untuk pemula, blues,jazz dalam bhs Indonesia silahkan klik di www.gitarzoom.blogspot.com
    terimakasih

    BalasHapus
  2. terimakasih atas info nya
    saya senang berkunjung ke blog anda

    BalasHapus

Mohon Berkomentar dengan menggunakan Name/URL jangan menggunakan Anonymous karena blog ini defollow mohon kiranya berkomentar yang baik jangan sampai komentar anda terkena spam