Edit byBintang88stars

Kamis, 15 November 2012

2 Jenis Chord Pada Gitar Yang Perlu Anda Ketahui

Dalam bermain gitar, secara teknis ada dua jenis chord yang perlu anda ketahui, yaitu:

  1. Open Chords
  2. Moveable Chords.
Seperti apa itu Open Chords? Dan Seperti apa pula Movable Chords? Berikut penjelasannya.

Open Chords
Open Chords adalah bentuk chord yang dimana terdapat senar yang dalam kondisi 'terbuka' (open string). Apa maksudnya open string? Open string adalah kondisi dimana senar dipetik tanpa menekan salah satu fret dari senar tersebut. Seperti apa contoh bentuk chord yang termasuk dalam kategori Open Chords? Banyak. Beberapa diantaranya adalah seperti pada gambar berikut.
Perhatikan gambar diatas! Terlihat jelas bahwa setiap chord memiliki senar yang dibiarkan terbuka. Contohnya chord C yang senar 3 dan satunya dalam kondisi open-string. Begitu pula dengan A yang senar 1 dan 6 nya juga dalam kondisi open-string. (Perhatikan bahwa senar yang bertanda X tidak dipetik, sedangkan yang bertanda o dipetik, namun dalam kondisi open string.)


Movable Chords
Movable chords adalah chord yang secara teknis dapat 'digeser'. Anda tau chord gantung? Biasanya chord di gitar yang dimainkan dalam bentuk 'chord gantung' biasanya adalah F. Coba anda mainkan chord gantung F, lalu kemudian geser jari-jari anda dengan bentuk chord yang tetap. Maka chordnya akan berubah menjadi G tanpa merubah bentuk jari chord. Itulah sebabnya mengapa disebut movable chord.

Nah, berikut bentuk-bentuk Movable Chords.
Perhatikan, pada bentuk-bentuk chord diatas kita dapat melihat bahwa tidak terdapat senar yang dalam kondisi 'open string'.Kalau pun ada senar yang dibiarkan terbuka senar tersebut tidak dipetik. Sehingga yang dipetik cukup yang tidak terbuka saja.

Untuk lebih jelasnya coba lihat gitaris-gitaris rock ketika konser, contohnya Slash. Perhatikan chord yang ia mainkan, pasti anda akan melihat mereka hanya menggeser tangan mereka tanpa merubah bentuk chordnya bukan? Nah itulah yang dimaksud Movable Chords. Bentuk chord yang biasanya mereka mainkan adalah seperti pada gambar dibawah ini.

 Perhatikan gambar diatas. Mengapa setiap chord diatas selalu berakhiran '5' pada ujungnya? Mengenai hal ini akan saya akan bahas pada artikel selanjutnya.

Setelah membaca artikel diatas, saya harap anda cukup paham untuk mengetahui seperti apa bentuk Open Chords dan seperti apa bentuk Movable Chords. Seperti apa lagi bentuk Open Chords atau Movable Chords yang anda ketahui? Silahkan share melalui kotak komentar dibawah.

Ditulis Oleh : Fanibintangstars ~ TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SOBAT B88S PADA ARTIKEL INI

Artikel 2 Jenis Chord Pada Gitar Yang Perlu Anda Ketahui ini diposting oleh Fanibintangstars pada hari Kamis, 15 November 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

Add a Comment. Read Comment Policy ▼
Please Note
- No live link
- Pergunakan bahasa baku dan tanpa singkatan serta sesuai dengan topik pembahasan
- Komentar yang relevan akan saya balas dan kunjung balik secara otomatis (tanpa meminta)
- Tekan "subscribe by email" untuk mengetahui balasan dari saya
- Untuk mendapatkan BACKLINK, gunakan OpenID.

4 komentar:

  1. Thanks gan infonya Izin ngopas

    BalasHapus
  2. terimakasih atas info nya
    saya senang berkunjung ke blog anda

    BalasHapus
  3. Halo gan tak terasa ini sudah 2024 ya gan

    BalasHapus

Mohon Berkomentar dengan menggunakan Name/URL jangan menggunakan Anonymous karena blog ini defollow mohon kiranya berkomentar yang baik jangan sampai komentar anda terkena spam