Edit byBintang88stars

Selasa, 31 Juli 2012

Pipes Kopyor, Hidangan Ramadan Khas Temanggung

BERITASATU.COM - Pipes kopyor merupakan makanan khas Temanggung yang hanya dijajakan pada saat ramadan tiba untuk santapan berbuka puasa.
Mungkin untuk sebagian orang belum pernah mengetahuinya. Pipes kopyor merupakan salah satu makanan khas Temanggung yang hanya muncul setiap bulan ramadan.
Salah satu pembuat pipes kopyor adalah keluarga Murniati, warga Kertosari, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung.
Dengan dibantu oleh tiga anak serta suaminya, dalam sehari wanita ini mampu membuat sekitar 500 bungkus pipes kopyor.
Bahan yang digunakan untuk membuat pipes kopyor tersebut diantaranya kelapa muda, sagu, roti tawar dan pisang raja. Sedangkan untuk kuahnya, menggunakan santan kelapa yang di campur dengan gula jawa.
Semua bahan tersebut kemudian di campur dan di bungkus menggunakan plastik ukuran satu kilogram. Guna memperlihatnya dengan kemasan tradisional, maka pipes kopyor tadi dibungkus kembali menggunakan daun pisang dan dimasak selama 30 menit dengan menggunakan api ukuran sedang.
"Dengan dibungkus daun pisang, maka pipes kopyor ini akan semakin bertambah nikmat dan segar," kata Murniati.
Menurut sejumlah pembeli, pipes kopyor merupakan salah satu makanan khas ramadan yang banyak diburu warga Temanggung. Hal itu terbukti, hanya dalam waktu dua jam, ratusan bungkus pipes kopyor habis terjual. Makanan ini dijual dengan harga Rp 3000 per bungkus.
Selama ramadhan, wanita ini biasa menjajakan dagangannya dipinggir jalan kota Temanggung. Para pembeli langsung mendatangi ke lapak yang dibuka setiap hari pada pukul empat sore.
Selain warga Temanggung, banyak pembeli yang berasal dari luar daerah seperti Magelang, Wonosobo, Semarang serta Yogyakarta.

Ditulis Oleh : Fanibintangstars ~ TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SOBAT B88S PADA ARTIKEL INI

Artikel Pipes Kopyor, Hidangan Ramadan Khas Temanggung ini diposting oleh Fanibintangstars pada hari Selasa, 31 Juli 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

Comments
0 Comments

0 komentar:

Mohon Berkomentar dengan menggunakan Name/URL jangan menggunakan Anonymous karena blog ini defollow mohon kiranya berkomentar yang baik jangan sampai komentar anda terkena spam